Bupati salurkan Cadangan Pangan Pemerintah Tahun 2023 pada Masyarakat

oleh -667 views

JOMBANG, KN – Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, pada Senin (10/4/2023) pagi, dihalaman Pendopo Kabupaten Jombang telah mengibarkan bendera start, tanda dimulainya pemberangkatan pendistribusian bantuan pangan beras 10 kg, yang bersumber dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) 2023.
Sebagaimana dilaporkan oleh Drs. Purwanto, MKP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Jombang, bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah sesuai Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan cadangan pangan pemerintah penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk menanggulangi termasuk dalam rangka antisipasi mitigasi dan atau pelaksanaan untuk pemberian bantuan pangan. Selain itu juga sesuai Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional tentang petunjuk teknis penyaluran cadangan pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan tahun 2023. Serta Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 12 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan cadangan beras pemerintah.


“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk keadaan darurat melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak inflasi,” tutur Bupati Mundjidah Wahab.
Sasaran kegiatan sasaran adalah 118.812 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM di Kabupaten Jombang yang tersebar di 21 Kecamatan 306 Desa/Kelurahan sesuai dengan penugasan Kepala Badan Pangan Nasional. Waktu dan durasi pelaksanaan selama 3 bulan alokasi dimulai dari bulan Maret, April dan Mei. Adapun jenis dan jumlah bantuan untuk beras sebanyak 10 kg/KPM/bulan dengan kualitas jenis pangan beras merupakan beras medium cadangan pangan pemerintah. Daging unggas sejumlah satu ekor dengan berat kurang lebih 1 kg dengan batas toleransi 0,9 -1,1 Kg. Telur unggas 1 pack isi 10 butir setiap bulan.
“Sasaran penerima sesuai dengan data dari Kemensos dan BKKBN yang sasarannya adalah KPM dan Keluarga resiko stunting,” katanya lagi.
“Semoga Program Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah dapat berjalan dengan lancar, sehingga diperlukan koordinasi tingkat Kabupaten, Kecamatan Dan Desa. Saya berharap seluruh Camat dan Kepala Desa mendampingi dan memantau pendistribusian Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), sehingga penerima bantuan sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),”pinta Bupati Jombang.
“Dengan adanya bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) ini dapat bermanfaat untuk mengurangi beban pengeluaran dan memberikan bahan pangan dengan terpenuhinya 6 T (Tepat jenis, Tepat mutu, Tepat sasaran, Tepat ukuran, Tepat waktu, Tepat tempat,” tandasnya.
“Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan perlindungan-nya kepada kita semua serta meridhoi setiap upaya kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Jombang,” pungkasnya.
Hadir pada agenda tersebut, Forkopimda, Asiaten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Jombang, segenap Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait, Kepala Bulog Sub Divre Surabaya, Kepala Kantor Pos Jombang, para Camat. (Infokom Kabjombang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.