Warga Jombang Gelar Rapat Umum, Matangkan Konsep Forum Silaturrahmi Kader Dulur Sak Lawase

oleh -938 views
Suasana rapat umum SKDSL (Silaturrahmi Kader Dulur Sak Lawase) di di kafe Durian Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

JOMBANG | KabarNahdliyin.com – Tidak kurang 50 orang berkumpul di kafe Durian Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, milik H Imron Rosyadi, Sabtu (29/1/2023) pukul 13.00 WIB.

Meski kondisinya hujan, tidak menyurutkan mereka yang hadir. Mereka terlihat mereka khusyuk berdiskusi atau musyawarah. Yang menarik adalah materi diskusi yang dilontarkan H Kartijo atau Mbah Jo, yakni ngajak rukun.

“Kita berkumpul ini niatnya ngajak rukun,” kata Mbah Jo saat membuka musyawarah.

Tidak hanya sekali mBah Jo menyampaikan hal itu, saat pertemuan yang sama di Kecamatan Kabuh juga demikian, mBah Jo tidak jarang melontarkan hal itu. Alasannya dalam satu kelompok atau komunitas yang terpenting adalah kerukunan.

“Kita-kita merasa senasib seperjuangan, apalagi tujuan perkumpulan kader ini mencari saudara atau mencari dulur sak lawase, karena itu yang paling penting adalah kerukunan,” kata Mbah Jo.

Dijelaskan, bahwa forum atau perkumpulan SKDSL (Silaturrahmi Kader Dulur Sak Lawase) ini mengajak semua warga Jombang.

“Tidak pilih-pilih, semua warga Jombang akan kita ajak bergabung dalam membangun Jombang mewujudkan kesejahteraan warga Jombang dan menjadikan Jombang berkarakter dan berdaya saing, karena yang ada di dalam Forum SKDSL seluruhnya siapa membangun Jombang,” kata Mbah Jo.

“Umpama saya punya uang saya akan bikin pabrik dan akan menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya. Ini juga salah satu contoh dan cita-cita kita semua,” sambung Mbah Jo memberi arahkan dalam forum rapat umum warga Jombang tersebut.

Dalam perkumpulan tersebut memang terdapat para tokoh dari berbagai latar belakang, mereka berasal dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Jombang, seperti Kecamatan Wonosalam, Bareng, Mojowarno, Diwek, Jogoroto, Sumobito, Mojoagung, Tembelang, Peterongan, Jombang, Bandarkedung Mulyo, Ngusikan, Kabuh dan Kudu. Dalam kesempaten tersebut dibahas bagaimana konsep keluar dan konsep kedalam.

Sudah barang tentu dalam perkumpulan ada tujuannya, tujuannya sudah jelas yaitu membangun komitmen sebagai dulur sak lawase.

“Konsep secara umum perkumpulan sudah jelas yakni membangun persaudaraan selama lama dengan dasar kerukunan seperti yang saya sampaikan tadi, itu konsep secara umum, mengenai konsep kedalamnya kita terus diskusikan bagaimana perkumpulan ini benar benar bermanfaat yang jelas itu tadi motivasinya kita mencari saudara selama lamanya,” jelas mBah Jo.

Suasana rapat umum SKDSL (Silaturrahmi Kader Dulur Sak Lawase) di di kafe Durian Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Ditambahkan, mengenai bidang garapan dan jika dikaitkan dengan Pemilu semakin dekat, katanya tidak muluk-muluk, santai-santai saja namanya mencari saudara, kalau dikaitkan dengan pemilu memang ada kaitannya yakni, supaya warga Jombang tidak pecah tetap rukun satu tujuan yakni dapat merasakan sejahtera, berkarakter dan bisa bersaing.

“Justru menjelang pemilu ini akan berinisiatif memperkuat kerukunan, karena yang kita mencari saudara selama lamanya,” tambahnya.

Sementara itu, tokoh muda dari Kecamatan Jombang, Hardyan Wicaksono, mengatakan, perlunya kerukunan yang dibangun dari dalam diri seseorang murni karena keikhlasan agar bisa menjadi contoh,

“Menurut saya Forum ini sangat penting, apalagi mau pemilu, kita ajak saudara saudara kita bersatu berkumpul disini dengan satu cita cita membangun Jombang lebih sejahtera, dengan tidak melepas nilai nilai kerukunan dan persaudaraan,” kata lelaki yang kini sibuk di GP Ansor.

Dikatakan, Forum SKDSL ini menjadi penting ketika membawa misi membangun Jombang bersama sama.

“Saya tadi juga mendengar dalam Perkumpulan Forum ini ada bidang bidangnya, ini menarik sekali untuk kita sampaikan kepada masyarakat luas Kabupaten Jombang, ada ibu-ibu yang ahli bidang senam, ahli bidang agama, ahli bidang Pendidikan, ada Petani yang memang ahli dalam bidang pertanian, dan pedagang serta pengusaha yang siap bikin pabrik, sekali lagi ini sebuah gagasan yang bagus, saya optimis banyak warga masyarakat Jombang mendukung,” katanya bersemangat.

Lebih lanjut ia berharap, kegiatan yang dilakukan oleh Forum SKDSL tidak hanya satu bulan karena Jombang terdiri dari 21 Kecamatan.

“Mungkin bisa dihitung satu bulan sekali jika dilakukan pada masing masing Kecamatan, jika dihitung se Jombang bisa dilakukan setiap minggu atau dua minggu sekali, sehingga ada berkelanjutan sebuah gagasan atau ide untuk Jombang yang kita cintai ini,” harap Hardyan.

Demikian juga dikatakan Imron Rosyadi, sebagai tuan rumah rapat umum ke II warga Jombang, dia berharap anggota Forum SKDSL terus bergerak.

“Idealnya anggota Forum di masing masing Kecamatan terus bergerak melakukan sosialisasi gagasan yang diusung oleh Forum SKDSL, karena kita tahu pemilu sudah dekat satu tahun lagi, agar warga masyarakat Jombang tidak terpecah-pecah, kita sampaikan kini ada Forum Kader Dulur Sak Lawase yang ingin mengajak bersama sama membangun Jombang,” harap Imron. (mu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.