Semarak Ramadlan 1444 H di SDIT Taswirul Afkar, Sawiji Jogoroto Jombang

oleh -735 views
Dewan Guru SDIT saat berbagi dengan Masyarakat sekitar

JOMBANG, KN – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Taswirul Afkar pada Ramadlan Tahun 1444 H atau 2023 Masehi kali ini, ikut menyemarakkan bulan suci Ramadlan. Kegiatan dimulai dari Pondok Ramadlan, buka bersama, Sholat Tarawih Bersama, Ngaji bareng, Nderes bareng, dan peringatan Nuzulul Qur’an, Lomba Tartil, tidak ketinggalan pada akhir Ramadlan berbagi Takjil dan zakat pada Masyarakat lingkungan sekitar.

Tampak Peserta Didik SDIT Taswirul Afkar sedang berbagi Takjil di pinggir jalan

Pondok Ramadlan di SDIT Taswirul Afkar dilakukan sejak awal bulan puasa, meski Peserta Pondok Ramadlan tidak bermukim di SDIT, akan tetapi peserta diharuskan mengikuti sholat tarawih, tujuannya adalah untuk melatih mental kesabaran setiap peserta didik, “Kegiatan ini memang tidak wajib tetapi, sifatnya hampir wajib bagi seluruh peserta didik, karena itu kita minta bantuan wali peserta didik untuk mendorong anak anaknya. Alhamdulillah sukses semoga tahun depan bisa kita tingkatkan,” kata Ika Fovriana Rinda Riria, S,Pd.I,.M.Pd.I, atau yang akrab dipanggil Bu Ika.
Dikatakan lagi, bahwa menjaga puasa hal yang sangat penting pada bulan suci Ramadlan, karena itu harus ada latihan pada hari hari biasa, “Semua orang mengharap berkah Ramadlan karena amal kebaikan pahalanya dilipat gandakan, selain Sholat Tarawih, mulai pagi Sholat Dhuha dan Jamaah Sholat Dzuhur Peserta didik selama bulan suci Ramadlan dapat melakukan dengan khusyu’ dan tertib, sekali lagi kami berharap tahun depan dapat ditingkatkan, “ katanya lagi.

Suasana Pembagian Hadiah usai Lomba Tartil

Dijelaskan, mengenai peringatan Nuzulul Qur’an walaupun dilakukan secara sederhana namun tidak mengurangi kekhidmadan, “Tujuan peringatan Nuzulul Qur’an agar peserta didik atau Peserta Pondok Ramadlan mampu memahami peristiwa agung turunnya Al Qur’an, kapan turunnya kitabullah atau Kitab Suci itu, peserta didik InsyaAllah paham akan terjadinya peristiwa yang Agung itu,” jelasnya.
Dalam rangka syi’ar islam, pihak lembaga ingin agar Pondok Ramadlan tahun depan digelar secara umum, “Semoga kita bisa membuka secara umum kegiatan Pondok Ramadlan pada tahun depan, harapan kami seperti itu,” jelas Ika yang juga sebagai bagian Kurikulum pada SDIT Taswirul Afkar tersebut.
Ditambahkan, dalam melatih peserta didik SDIT Taswirul Afkar juga menerapkan buka bersama pada puasa puasa sunnah, “Kita sangat bersyukur bisa melatih peserta didik meski dihari biasa kita lakukan buka bersama, ketika kita sedang menjalankan puasa sunnah, karena sesungguhnya bisa itu karena biasa, makanya kita ajak terus latihan agar nanti pada saat bertemu kembali Bulan Suci Ramadlan sudah siap,” tambahnya.
Sebagian tenaga pendidik selain dari Dewan Guru atau lembaga terkait, juga ada tenaga pendidik dari Mahasiswa yang megikuti Program Kampus Menggajar. Mereka di SDIT Taswirul Afkar sejak pertengahan Bulan Pebruari Tahun 2023, mereka antara lain; Muhammad Iksan, Mahasiswa dari Universitas Negeri Malang, Dwi Ernawati, Mahasiswi dari Universitas Negeri Surabaya, Linda Dewi Lestari, Mahasiswi dari UNIPDU, dan Feni Cicik Bella Rahayu, Mahasiswi dari UNIPDU, dan Ibu Hilyah Ashoumi dari UNWAHA sebagai Dosen Pembimbing Lapangan,
Beberapa kegiatan seperti lomba Tartil, yang digelar pada bulan suci Ramadlan kali ini dihandle langsung oleh Mahasiswa, tampak Peserta didik bertambah semangat. Pada pelaksanaannya peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, masing masing kelompok memiliki tugas melanjutkan bacaan ayat Al Qur’an yang dilafalkan oleh Dewan Guru. Pantuan di lapangan acara tersebut sukses hingga peserta berhasil membawa pulang hadiah.
Demikian juga pembagian Takjil walaupun cuaca diselengi hujan, pembagian takjil terus berjalan dengan baik. Tampak Peserta didik SDIT Taswirul Afkar berjajar dipinggir jalan sambil membawa takjil untuk diberikan kepada pengguna jalan. Pada akhir pelaksanaan Pondok Ramadlan, mewakili keluarga besar SDIT Taswirul Afkar, Ika, menyampaikan “SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1444 H MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN, SEMOGA PUASA KITA SALAH SATUNYA DAPAT MENJADI MODAL DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR DAN BELAJAR PESERTA DIDIK SDIT TASWIRUL AFKAR, AAMIIN YA ROBBAL ALAMIN. (rani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.