Semarak Agustusan SDIT Taswirul Afkar, Bersama Mahasiswa Kampus Mengajar

oleh -572 views

JOMBANG, KN – Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan Mahasiswa Kampus Mengajar (MKM) sangat membantu satuan pendidikan sasaran, salah satunya adalah memberi semangat baru dalam meningkatkan Literasi dan Numerasi, seperti terlihat suasana di SDIT Taswirul Afkar, Jogoroto, Jombang, tampak kegiatan agustusan begitu semarak dengan kehadiran MKM itu,
Kebetulan MKM hadir atau bertugas pada bulan Agustus, dan tentu seperti biasa ada event peringatan agustusan dalam bentuk lomba lomba pada satuan pendidikan, karena itu MKM langsung ajak meningkatkan Literasi dan Numerasi melalui metode lomba agustusan, “Kakak – kakak MKM kita minta langsung genjot bikin kegiatan Agustusan, kebetulan peserta didik tidak mengikuti kegiatan agustusan diluar, karena satuan pendidikan kami kuota peserta belum terpenuhi,” kata Ika Fovriana Rinda Riria atau yang akrab disapa Bu Ika.

Bagian kurikulum SDIT Taswul Afkar ini, menjelaskan bahwa, untuk tahun 2023 peringatan kemerdekaan 17 Agustus 1945 secara khidmat diadakan bersama MKM di Satuan Pendidikan, karena situasi dan kondisi tidak memungkinkan mengikuti kegiatan diluar, “Insya Allah tahun 2024 nanti kita bisa karnaval atau gerak jalan dan lain sebagainya, tetapi untuk tahun ini (2023) secara khidmat peringatan Kemerdekaan 17 Agustus 1945 kita adakan bersama Mahasiswa Kampus Mengajar pada Satuan Pendidikan saja,” jelasnya.

Meski kegiatan perayaan Agustusan tambahnya, tetap semua kegiatan bertumpu pada penguatan Leterasi dan Numerasi, “Meski lomba Agustusan kita tetap tidak boleh lepas pada penguatan dan peningkatan kemampuan peserta didik pada Literasi dan Numerasinya, disamping itu kita juga jaga stamina Peserta Didik agar tidak kelelahan, karena ada perubahan jadwal dengan lima hari kerja. Bagaimana pada siang usai salat dzuhur Peserta Didik tetap bersemangat belajar,” tambah Bu Ika lagi.

Sementara itu, dari lima Mahasiswa yang bertugas di SDIT Taswir antara lain, Fitria Septiana Rohmana, (Fitria) dari Unhasy Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Roudhotul Jannah (Miss J) juga dari Unhasy Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Anggun Zahrotun Habibah (Azah) dari Unipdu Jurusan Pendidikan Matematika. Dila Nur Afni Agustin (Afni) dari Unipdu Jurusan Pendidikan Agama Islam dan Dini Rusdiana (Dini) dari Unipdu Jurusan Pendidikan Matematika.

Lailatul Qomariyah yang akrab disapa Bu Laila dari Unhasy sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam Pembukaan MKM mengatakan bahwa, mahasiswa dalam rangka tugas meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik karena itu ia berharap Satuan Sekolah Sasaran mendukung dengan sepenuh hati agar MKM bisa maksimal, “Saya berharap dukungan dari pihak sekolah agar MKM bisa maksimal, dan selalu musyawarah dalam menjalankan program atau tugas tugasnya, semoga apa yang diinginkan kita semua dapat terwujud. Dan yang paling penting Peserta Didik tidak gampang bosan dalam belajar, sehingga hasilnya dapat maksimal. Untuk itu, harus selalu dilakukan evaluasi program meski sekecil mungkin,” kata Bu Laila.

Sebagai sekolah sasaran pihak sekolah menyambut baik kehadiran MKM, selain dapat memberi semangat baru MKM juga dapat memberi contoh atau model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, “Atasnama SDIT Taswirul Afkar kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, Dosen Pembimbing Lapangan dan tentunya kepada para Mahasiswa yang bertugas, sebagai sahabat guru dalam membimbing Peserta Didik dan kami ucapkan selamat datang dan bertugas,” kata Bu Ika.
Dalam kegiatan Peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 1945 kali ini, MKM langsung yang menghandel kegiatan, didapuk sebagai Ketua Panitia, Miss J. Sekretaris, Dila. Bendahara, Fitria. Sedangkan macam macam lomba yang diadakan antara lain, Estafet Sarung, Estafet Karet, Makan Krupuk, Bernyanyi 17 Agustus 1945, Menyusun Kata dan Pindah Bendera, serta banyak lagi lainnya. (Aburani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.