KUA Lhoksukon Kembali Raih Juara KUA Terbaik I di Aceh Utara, Ini Kiprah dan Sosok Shaifuddin Fuady

oleh -126 views

Lhoksukon,KN – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lhoksukon Shaifuddin Fuady, S.Ag., MA, kembali terima penghargaan sebagai Juara Terbaik I pada pemilihan Video Kreatif KUA dalam Transformasi Digital Layanan KUA.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Utara Drs. H. Maiyusri, M.Ag didampingi oleh Kasi Bimas Islam H. Asnawi, S.Ag., M.Sos pada acara Apresiasi Kakankemenag Aceh Utara Award Tahun 2023 dalam rangka HAB ke 78 Kemenag RI Tahun 2024.

Acara tersebut dipusatkan di Aula PLHUT Kankemenag Aceh Utara pada Selasa (30/01/2024), diikuti oleh ratusan peserta yang berlangsung dengan meriah.

*Mengenal Lebih Jauh Sosok Shaifuddin Fuady*

Berdasarkan keterangan yang dihimpun oleh media ini, ia merupakan sosok yang memiliki segudang prestasi serta dikenal sebagai inisiator, konseptor juga penuh dengan kreatifitas dan inovasi.

Kiprah dan kinerja salah seorang aset terbaik Kementerian Agama Aceh Utara ini memang tidak diragukan lagi. Kepala KUA yang akrap disapa Ustaz Shaifuddin Fuady yang sejak 5 tahun lalu dilantik sebagai kepala KUA Lhoksukon langsung bergerak cepat, penuh dedikasi, kreatif dan inovatif dalam meramu layanan kepada masyarakat.

Banyak program yang didesain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu dapat dilihat sejak awal ia di lantik. Tidak menunggu lama, langsung melakukan koordinasi dengan seluruh pimpinan di tingkat gampong dan imam masjid, Muspika plus hingga ke tingkat kabupaten serta lintas sektoral.

Sehingga layanan masyarakat yang menjadi pilar utama KUA dapat diwujudkan dengan baik. Termasuk ketertiban administrasi pernikahan yang semakin tertib dan sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya mencoba menjalankan tugas yang diemban sebagai amanat”, demikian ungkap peraih KUA Terbaik ini saat dijumpai oleh awak media.

Dalam rangka meningkatkan indeks kepuasan masayarakat, lewat tangan kreatif Alumni UIN Walisongo Semarang ini, KUA Lhoksukon dibawah kepepimpinannya, terus melakukan pembenahan dari berbagai sisi, mulai dari segi fisik performa kantor, SDM di dalamnya dan dilakukan pembinaan yang baik untuk semua jajaran, termasuk dalam memberikan setiap pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakannya, adapun sejumlah inovasi pelayanan yang pernah dilakukan, diantaranya pelayanan digital berbasis website, menyiarkan video pernikahan melalui channel youtobe, melaunching Buletin Suwa, Pemeriksaan berkas dan bimbingan catin dari luar kecamatan dilakukan secara daring.

Kemudian bimbingan Catin tatap muka disertai dengan pre test dan post test secara online, berbagi informasi melalui media sosial, mempublikasikan kegiatan dalam bentuk e Paper, serta merilis dan mempublikasikan jadwal khatib Jum’at dalam wilayah Kecamatan Lhoksukon serta berbagai layanan inovasi lainnya.

Selain Bimbingan Pra Nikah bagi bara Catin yang dilakukan secara mandiri di Kantor, juga dilaksanakan Bimbingan Remaja Usia Sekolah seperti di SMAN 1 Lhoksukon, SMKN 1 lhoksukon dan MAN 2 Aceh Utara serta SMAN 3 Putra Bangsa.

Tidak kenal lelah, dalam memberikan pelayanan demi terwujudnya kepuasan dan pelayanan prima kepada masyarakat, pernikahan tercatat juga sering dilaksanakan diluar jam kantor, hari libur, lebaran bahkan pada malam harinya.

Untuk bidang pembinaan remaja, Kepala KUA Lhoksukon juga para Penyuluh Agama Islam, hadir ke sekolah untuk menjadi sebagai pembina Upacara, yasinan hari jumat, serta bimbingan dan tausiah pada hari lainnya.

Sehingga dengan membuat Website KUA dengan adanya konsultasi dan layanan secara digital, baik pendaftaran Nikah online, termasuk pernikahan yang ditayangkan di chanel Youtube KUA Lhoksukon, dan ini sangat di minati oleh masyarakat apalagi para pengantin.

Dengan inovasi peraih Juara III KUA Teladan Tingkat Nasional pada tahun 2014 itu, pada masa Covid KUA Lhoksukon juga membuka layanan online, bahkan pelaksanaan pernikahan dapat disaksikan secara live streming oleh keluarga karena dibatasinya para pengunjung, sehingga semua keluarga dapat nonton acara akad nikah baik di HP android maupun di TV yang ada di ruang tunggu KUA Lhoksukon.

Maka tidak heran pada tahun 2021 dibawah kepemimpinannya KUA Lhoksukon juga mendapat penghargaan sebagai KUA paling inovatif oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara.

Tidak cukup sampai disitu, walaupun kondisi fisik gedung KUA Lhoksukon yang saat itu terlihat tidak bagus, namun ditangan Ust. Shaifuddin ditata dan didesain menjadi cantik dan rapi.

Walau gedung kantor KUA Lhoksukon lama dan sering tertimpa banjir, namun dengan kesigapan kepala KUA dan staf, KUA Lhoksukon tetap nampak bagus dan bersih, sehingga pada tahun 2022 KUA Lhoksukon kembali mendapat juara 1 KUA BERSENI (Bersih, Sehat, Nyaman dan Indah) tingkat Kabupaten Aceh Utara.

Menurutnya, tidak ada istilah berhenti untuk terus berkreasi demi meningkatkan layanan masyarakat. Sehingga Ust Shaifuddin Fuady terus melakukan terobosan baru demi mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. (Murhaban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.