KH. Muhammad Nawawi, Sekretaris IPHI Jawa Timur : Kalau Tidak Semangat Bukan Jombang Namanya

oleh -880 views

 

JOMBANG, KN – MTPIPHI Kabupaten Jombang (Majelis Ta’lim Perempuan Ikatan Persaudaraan Jamaah Haji Indonesia) Sabtu (18/2) lalu menggelar peringatan Isro’ Mi’roj di Pendopo Kabupaten Jombang, hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh sekaligus Pengurus IPHI se-Kabupaten Jombang. Yang manarik Isro’ mi’roj IPHI kali ini dikemas lomba paduan suara dari Ibu Ibu IPHI, peserta dari masing masing Kecamatan. KH. Haris Munawir yang akrab disapa Gus Haris, Ketua IPHI Kabupaten Jombang mengatakan, “IPHI sesuai namanya Ikatan Persaudaraan Haji punya tugas mendampingi dan menjaga nilai nilai haji para anggota, agar kemabruran hajinya bisa selalu dijaga sepanjang hayat,” kata Kiai Haris Munawir.


Dijelaskan menjaga kemabruran tidak gampang perlu ada semangat dan semangat, “Dipanggil Pak Haji, Bu Haji di Kampung punya nilai tersendiri, kalau sholatnya setahun dua kali atau seminggu sekali tidak pantas, kalau ibadahnya masih jauh dari sempurna juga tidak pantas, makanya kita perlu semangat dan semangat dalam kegiatan IPHI, tujuannya adalah membina ibadah para jamaah, hasil istikhoroh kita adakan lomba paduan suara, kegiatan semacam ini pernah digelar pada tahun 2016,” jelas Gus Haris.
Ditambahkan, bahwa peserta sengaja dipilih dari Majelis Ta’lim Perempuan IPHI, dengan harapan jika Ibu ibu IPHI bergerak mau tidak mau Bapak bapak juga akan ikut bergerak, “Jika yang bergerak itu Ibu Ibu maka Bapak Bapak pun akan ikut bergerak, karena sampai sekarang ada Kecamatan yang masih belum punya pengurus, kita harapkan IPHI yang ada di Kecamatan bisa aktif dan bisa mendampingi para jamaah haji dalam menjalankan amalia ibadah sesuai Amaliah Pak Haji dan Bu Haji,” tambahnya.


Ibu Nyai Mundjidah Wahab, Bupati Jombang, dalam sambutannya melalui virtual mengatakan, IPHI sebagai organisasi sudah sewajarnya menghimpun potensi anggotanya dalam rangka partisipasi pembangunan bangsa, “Sebagai organisasi sosial keagamaan menjadi keharusan IPHI memiliki fungsi sebagai wahana menghimpun potensi para Haji dan ikut berpartisipasi mensukseskan program pembangunan bangsa sebagai sarana mempererat hubungan sesama umat,” kata Bupati dalam sambutannya secara virtual.
Ia berharap lomba paduan suara dapat meningkatkan kekompakan anggota IPHI, “Dengan diadakannya lomba paduan suara ini, dapat memberikan motivasi kepada anggota MTPIPHI se-Kabupaten Jombang untuk meningkatkan kekompakan dan secara rutin menyelenggarakan kegiatan yang positif, selain itu diharapkan juga kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan minat dan semangat serta kreatifitas dapat membentuk karakter positif bagi anggota MPIPHI Kecamatan se-Kabupaten Jombang,” harap Bupati.
Kepada Dewan Juri Bupati juga berharap melakukan penilaian seobjektif mungkin, “Kepada Dewan Juri Saya berharap dapat menilai seobjektif mungkin sehingga dapat melahirkan generasi yang memiliki potensi potensi dibidang tarik suara dalam Majelis Ta’lim Perempuan Ikatakan Pesaudaraan Haji di Indonesia, kepada seluruh peserta lomba paduan suara saya ucapkan selamat berlomba dan berkompetisi secara suportif, tentunya saya berharap kegiatan lomba ini dapat menjadikan contoh yang baik untuk organisasi sosial keagamaan lainnya di Kabupaten Jombang,” harap Bupati lagi.
KH. Muhammad Nawawi, Sekretaris IPHI Jawa Timur yang didapuk membuka lomba menyampaikan salut dengan IPHI Kabupaten Jombang, “Kalau tidak begini bukan Jombang namanya, Saya sebagai sekretaris IPHI Jawa Timur sudah keliling Jawa Timur, belum ada IPHI yang menyelenggarakan lomba paduan suara seperti ini, di Jombang bukan hanya sekali, tapi dua kali. Kalau tidak semangat bukan Jombang namanya,” kata Kiai Nawawi disambut aplus.
Sekretaris IPHI Jawa Timur ini lalu mengajak bersyukur kepada Allah SWT yang memberi nikmat sehat lahir maupun batin, karena nikmat lahir batin sekarang ini sulit, ada yang lahirnya sehat tetapi batinnya sakit. Atasnama Ketua IPHI Jawa Timur, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc yang juga sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur, Kiai Nawawi membuka kegiatan Lomba Paduan Suara IPHI Kabupaten Jombang.
Disampaikan juga, dalam memperingati Isro’ Mi’roj dikaitkan dengan lomba paduan suara, apa kaitannya, “Intinya isro’ Mi’roj itu turunnya kewajiban sholat lima waktu, artinya sholat itu adalah pondasi utama kita, ada tiga tujuan pokok syariat agama islam, pertama apabila islam itu kita kerjakan dan benar maka Allah SWT menjaga seluruh keperluan hidup kita dalilnya banyak, yang Kedua Allah akan mencukupi keperluan kita jasmani maupun rohani, dan yang ketiga akan menjadi indah seperti kegiatan pada pagi ini,” katanya lagi.
KH. Syaifuddin, MSi, salah satu Ketua IPHI Kecamatan Perak, saat mengikuti kegiatan Kepada Kabar Nahdliyin mengatakan, bahwa, memang lomba paduan suara adalah untuk menggugah Pengurus IPHI Kecamatan yang masih tidur, “Ada beberapa Pengurus Kecamatan yang masih tidur, kita gugah dengan lomba paduan suara, ini salah satu tujuan diadakannya lomba,” kata, Kiai Syafuddin, mantan pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang.
Sementara itu hasil lomba tarik suara, peserta yang berhasil menjadi juara antara lain adalah, Juara 1 : No. 04 Kec. JOMBANG (700) Juara 2 : No. 10 JOGOROTO (690), Juara 3 : No. 02 SUMOBITO (648), Juara Harapan 1 : No. 05 Kev. TEMBELANG (643), Juara Harapan 2 : No. 08 kec. PETERONGAN (613), Juara Harapan 3 : No. 09 (Kec. PERAK), Dirijen Terbaik : 02 SUMOBITO. (rani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.