Ibu Nyai Hj. Mundjidah Wahab, Bupati Jombang Menghimbau Masyarakat, Daftarkan Produk-Produk UMKM Nya Di E-Katalog Lokal

oleh -276 views

JOMBANG, KN – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo dan Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang menghadiri pembukaan Apkasi di Jakarta International Expo (JIExpo) pada 24 Agustus 2022 lalu.

Dan sekaligus melakukan kunjungan stand diagenda Forum Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (Apkasi) Procurement Network (APN) 2022 Expo & Forum yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo), 24-26 Agustus 2022.


Agenda yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, serta Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas, merupakan agenda tahunan Apkasi untuk mendukung program pemerintah dalam menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI) pada pelaksanaan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah.
APN 2022 bertujuan mendorong Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan serapan anggaran belanja pengadaan barang atau jasa produk UMKM dan Koperasi ini, selain menggelar pameran yang diikuti para penyedia barang atau jasa pemerintah yang terdaftar di E-Katalog LKPP, kegiatan ini dirangkai dengan dialog tentang kebijakan dan strategi, digitalisasi sistem pengadaan, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan mitigasi risiko dalam kontrak pengadaan barang/jasa pemerintah.
Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo untuk menggalang program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).
“Sebagaimana arahan Presiden Jokowi menegaskan, ada 4 poin penting, di antaranya mendorong produk lokal serta produk-produk unggulan daerah ke dalam e-katalog lokal, mendorong pengusaha lokal agar menghasilkan produk yang berkualitas dengan desain branding yang bagus, permudah perizinan dan pendaftaran bagi pengusaha lokal, serta segera merealisasikan komitmen pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri,” kata Tito Karnavian.
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, akan menindaklanjuti hasil pertemuan Forum Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (Apkasi) Procurement Network (APN) 2022 Expo. Diantaranya mengajak pelaku UMKM di Kabupaten Jombang untuk mendaftarkan produknya di e-katalog lokal. Dengan berbagai kemudahan perizinan dan pendaftaran yang mudah.
Pemerintah Kabupaten Jombang akan memprioritaskan penggunaan produk UMKM lokal dalam kegiatan di lingkup Pemkab Jombang. Mendorong peningkatan jenis dan volume transaksi melalui e-catalog, peningkatan jumlah produk yang tayang dalam e-cat. Mensosialisasikan kepada pelaku UMKM agar produknya  tayang dalam e-cat. “Insya Alloh sampai saat ini sudah lebih dari 1.420 produk yang tampil di e-cat local,”tuturnya.
Untuk itu Bupati meminta pada setiap OPD untuk koordinasi dengan Bagian PBJ sebagai tindaklanjut akses transaksi melalui e-cat lokal. “Bulan September setiap OPD sudah harus melakukan transaksi di e-cat local,”tuturnya.
“Kepada masyarakat Jombang, Ayo daftarkan produk-produk UMKM nya di e-katalog lokal. Semua sudah dipermudah, dan ini kesempatan kita bersama-sama untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” himbaunya. (mu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.