Komitmen Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dalam menggerakkan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana.

oleh -625 views

Jakarta,KN – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberikan penghargaan kepada 14 kepala daerah dan 20 ketua tim penggerak PKK yang telah berkontribusi mendukung program pembangunan keluarga dan kependudukan pada Hari Keluarga Nasional ke-29 tahun 2022.

Seperti dikutip dari beberapa sumber Media Online (07/07/2022). penghargaan itu diserahkan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam acara peringatan Hari Keluarga Nasional tahun 2022 di Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/7).

Penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah itu merupakan penghargaan Manggala Karya Kencana yang diterima antara lain oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaedi, Gubernur Riau Syamsuar, Bupati Purwakarta Anne Ratna, Bupati Subang Ruhimat dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Dilain sisi Komitmen Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dalam menggerakkan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk Terwujudnya Keluarga Berkualitas dan Penduduk Tumbuh Seimbang merupakan kesuksesan dengan adanya penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2022 yang diberikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional kepada Bupati Jombang Mundjidah Wahab di Hotel Santika Dyandra Kota Medan, Sumatera Utara. Penyematan dan penyerahan penghargaan oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo kepada Bupati Jombang tersebut bertepatan dengan moment Hari Keluarga Nasional ke-29 yang dikemas dalam acara Webinar, Dialog dan Apresiasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan koordinasi percepatan penurunan stunting antar organisasi perangkat daerah (OPD) dan pemangku kepentingan lain (stakeholders) baik tingkat pemerintah provinsi maupun kabupaten kabupaten/kota.

“Sehingga berfungsi secara optimal dan merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 serta memotivasi dan mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam keberhasilan penurunan stunting dan program Bangga Kencana,” katanya, Rabu (06/7/2022).

Oleh sebab itu, terang Hasto, pada kesempatan ini atas nama BKKBN pusat menganugerahkan tanda penghargaan Manggala Karya Kencana. “Ini sebagai bentuk apresiasi kepada kepala daerah yang dinilai telah menunjukkan komitmen, dukungan serta jasa dalam program Bangga Kencana di wilayah kabupaten,” tegasnya.

Bupati perempuan pertama Jombang Mundjidah Wahab mengungkapkan, bahwa penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Jombang. Karena tak lepas dari peran serta masyarakat dan kolaborasi semua pihak dalam melaksanakan berbagai kegiatan, baik organisasi profesi dan gerakan organisasi wanita. Seperti PKK, Muslimat, Aisyiyah, Bhayangkari, Persit, dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah, berbagai langkah upaya konkret dan progresif telah kita lakukan terutama dalam melaksanakan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk Terwujudnya Keluarga Berkualitas dan Penduduk Tumbuh seimbang secara bersama sama, bersinergi. Semoga semua ini memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Jombang,” ungkapnya.

Bupati Jombang menjelaskan, jika pihaknya layak menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Pemerintah Pusat karena dinilai telah memenuhi beberapa indikator penilaian yang digunakan BKKBN. “Salah satunya adalah total fertility rate atau TFR yang terhitung bagus. TFR Jombang cenderung turun meskipun fluktuatif, yakni sebesar 2,19 (Tahun 2017), 2,21 (Tahun 2018), 2,16 (Tahun 2019). Pencapaian peserta KB Baru Kabupaten Jombang Tahun 2021 sebesar 116, 78 persen. Pencapaian peserta KB Aktif Tahun 2021 tercapai 179,928 persen,” tukasnya.

Dari tahun tahun sebelumnya beberapa penghargaan di bidang KB tingkat Nasional yang cukup banyak telah diraih oleh Pemkab Jomban. Di antaranya, APE (Anugerah Parahita Ekapraya) Kategori Utama (Tahun 2020), Sebagai Kabupaten Layak Anak Peringkat Nindya Tahun 2021, Dinas PPKB, PPPA Jombang sebagai OPD KB dengan capaian terbanyak pada kegiatan Pelayanan KB Non MKJP dalam rangka kegiatan TMMD/Tentara Manunggal Membangun Desa ke 108 Tahun 2020 yang memperoleh Piagam Penghargaan dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dinas PPKB, PPPA Jombang sebagai OPD KB dengan Mekanisme Pencatatan Pelaporan Terbaik II yang memperoleh penghargaan dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim.

Selain itu, aspek dukungan, komitmen dan peranan Bupati Jombang terhadap pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Jombang diantaranya meliputi, memasukkan indikator sasaran program KKBPK dalam RPJMD, mengusulkan kegiatan prioritas program KKBPK dalam RKPD melalui musrenbangda.

Peran aktif Bupati Jombang terkait dengan pembentukan Kampung KB di Kabupaten Jombang, banyaknya jumlah mitra kerja yang terlibat dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Jombang yang saling bersinergi dalam mengoptimalkan keberhasilan program Bangga Kencana di Kabupaten Jombang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.