Perbup baru bisa mutasi Perangkat Desa. Kades Desa Sawiji, copot Sekdes berumur jagung

by -
Suasana Pelantikan Perangkat Desa. Di Desa Sawiji Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang

JOMBANG (KN) – Rabu (15/1) malam lalu sekitar pukul 20.00 WIB suasana hujan lebat, meski begitu di Balai Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang masih ramai terlihat ada kegiatan, ada sekitar puluhan mobil parkir di halaman Balai Desa dan sepanjang jalan depan Balai Desa, tidak ketinggalan pulahan sepeda motor ikut diguyur hujan. Ada yang bertanya ada kegiatan apa? dibalai Desa hingga sampai larut malam.

informasi yang dihimpun KN, ternyata malam itu di Balai Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto sedang ada acara pelantikan perangkat Desa Sawiji. Kades terpilih H. Erwin Burhan yang dilantik pada 5 Desember 2019 sebagai kepala Desa Sawiji mengadakan pelantikan perangkat Parangkat Desa hasil rollingan atau mutasi.

Perangkat Desa yang dilantik memang bukan wajah baru, karena rupanya hanya tukar posisi alas rollingan, ini yang membuat sebagaian warga bertanya tenyata ‘kok bisa’ rupanya kebijakan baru tersebut diatur dalam perbup Nomor 18 Tahun 2019.

Yang menarik posisi carik atau Sekdes yang sebelumnya dijabat oleh M Kolis sejak 30 Agustus 2019 tahun lalu terhitung masih belum genap 5 bulan juga ikut dirolling atau dimutasi. Kolis dikembalikan pada posisi sebelumnya sebagai Kaur Pelayanan Masyarakat (Kaur Kesra).

Muncul pertanyaan apakah Sekdes juga termasuk perangkat Desa atau staf Desa yang dapat dirolling atau mutasi begitu saja, masalahnya dalam Perbup Nomor 18 Tahun 2019 itu juga dijelaskan bahwa Perangkat Desa dan unsur Staf diwadahi dalam sekretaris Desa, seperti yang tersebut dalam pasal 1 (10) disana disebutkan, bahwa Perangkat Desa adalah unsur staf yang membantu kepala desa dalam menyusun kebijakan dan koordinasi yang diwadahi dalam sekretaris desa, pasal ini menjelaskan bahwa Sekretaris Desa adalah wadah perangkat dan staf desa.

Berdasar pelantikan pada Rabu malam itu, Kepala Desa mengangkat M. Saifuddin sebagai Sekdes, sebelumnya ia menjabat sebagai Kaur Pembangunan. Sedengkan Kaur Pembangunan saat ini kosong. M Kolis, ketika dikonfirmasi mengatakan tidak masalah dirinya ditugaskan dimana saja, “Memang Kepala Desa punya kewenangan, saya tidak masalah ditugaskan dimana saja,” katanya dengan serius.

Terkait dengan aturan yang ada, tambahnya, dia mengaku tidak tahu, “Saya tidak tahu aturan lainnya, setahu saya semua yang ada di Desa menjadi kewenangan Kepala Desa itu saja, kalau di Perda ada pasal yang menjelaskan bahwa Sekretaris Desa diangkat oleh Sekretaris Daerah Kabupaten atas nama Bupati saya baru mendengar sekarang, mungkin itu zaman dulu sekarang tidak,” tambahnya.

Meski begitu ia juga mewanti wanti kepada Kabar Nahdliyin, agar tidak memanas – manasi suasana di Desa Sawiji, “Sekali lagi saya menerima diberhentikan dan diangkat kembali sebagai Kaur Pelayanan, karena itu jangan memanas – manasi situasi, karena bagi saya tidak ada masalah,” tuturnya.

Erwin Burhan, Kepala Desa Sawiji ketika dihubungi melalui Whatsapp-nya menjelaskan bahwa dasar peraturan yang pakai dalam rolling perangkat Desa adalah Perbup Nomor 18 tahun 2019. Dalam Perbup tersebut Pasal 1 (17) dijelaskan bahwa, “Mutasi jabatan antar perangkat desa adalah pemindahan perangkat desa dari jabatan kejabatan lainnya. Dan ini sudah dikonsultasikan ke Pemerintahan kabupaten,” katanya.

Tidak hanya posisi Sekdes yang dimutasi atau dirolling, posisi Kasun juga dirolling, seperti Kepala Dusun Kemerigalih yang sebelumnya dijabat oleh Bagus kini digantikan oleh Kholid Mawardi yang sebelumnya menjadi Kaur demikian juga di Dusun Sawi sebelumnya kepala Dusun dijabat Fardiansyah kini digantikan oleh Jumali sebagai kasun sedangkan Farsiansyah menjadi kaur.

Menurut aktfis Lembaga Pemantau kebijakan Pemerintah Desa, Abddurahman ketika dimintai pendapatnya, mengatakan, bahwa apa yang dilakukan kepada Desa Sawiji memang sangat menarik, “Ini terobosan baru, bisa diikuti desa desa yang lain, sebuah gagasan penyegaran bagi perangkat Desa. Kalau menurut saya Sekdes itu juga perangkat Desa,” katanya ketika dihubungi. (mu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *