Gerakan Ekoliterasi, Di SDN 1 Kenep Nganjuk Menuju Sekolah Green School

oleh -619 views

Oleh : Reken Tantris dan Wardah Aqilah Mumtazah Thohiroh
Mahasiswa UNESA

Upaya terus dilakukan dalam meningkatkan kemampuan peserta oleh Mahasiswa UNESA yang sedang menjalankan Program KKN-T, seperti kegiatan yang ada di SDN 1 Kenep Nganjuk, berikut laporan kedua Mahasiswa tersebut.

Kami terus memberi semangat peserta didik, yakni, memberi penjelasan dan pamahaman kepada peserta didik akan pentingnya menjaga lingkungan, serta bagaiamana cara merawat tanaman menjadi keharusan. Salah satunya adalah bagaimana membedakan antara sampah organik dan non organik, hingga sampai cara menanam, menyiram, hingga merawat tanaman
Selanjutnya memberikan contoh secara langsung melalui pemilahan sampah organik dan non organik kemudian mengajari bagaimana cara memanfaatkan sampah non organik (botol bekas) menjadi kerajinan tangan berupa pot bunga. Sampai pada merawat tanaman, contoh bagaimana cara menanam dengan benar hingga tahap perawatannya.
Semangat para peserta didik dengan kegiatan Go School dapat menumbuhkan rasa cinta lingkungan sejak dini. Dengan rasa cinta lingkungan mereka dapat menerapkannya di lingkungan luar sekolah sehingga bumi yang kita tempati akan tetap hijau.
Apresiasi peserta didik terhadap proram Creativity Corner sangat antusias. “Saya merasa senang kak, karena rak buku yang ditempatkan di kelas membuat saya lebih mudah dalam membaca buku bacaan tanpa harus ke perpustakaan,“ kata Anita Siswi kelas 5 SDN 1 setempat.
Selain itu peserta didik juga sangat antusias terhadap Mading yang dibuat oleh teman-teman Mahasiswa, hari pertama pemasangan mading dan sosialisasi bagaimana mengisi karya peserta didik pada mading diikuti oleh peserta didik khusunya Kelas 4 dan 5. “Saya senang sekali kak, karena puisi dan pantun saya di tempel di mading sekolah,” kata Zidan Siswa Kelas 4 dengan rasa bangga.
Pada program Green School apresiasi peserta didik juga sangat tinggi, dengan adanya program green school ini dapat menumbuhkan jiwa yang peduli terhadap lingkungan. “Kami bisa merawat bunga-bunga dan menyirami tanaman yang sudah dibuat oleh kakak tim KKN-T UNESA setiap pagi dan ketika istirahat, hal ini juga sangat bermanfaat untuk mengisi kekosongan waktu istirahat sembari menunggu bel masuk berbunyi,”ujar Asar Siswa Kelas 5.
Selain respon dari peserta didik, respon dari Kepala Sekolah dan guru-guru SDN 1 Kenep juga sangat mendukung kegiatan tersebut, “Dengan adanya program ini, peserta didik dapat dibiasakan untuk merawat tanaman yang ada di lingkungan sekolah semoga bisa terus berlanjut, ” kata Kepala Sekolah.
Demikian juga dikatakan Guru Kelas 6 yang sangat mendukung program KKN-T UNESA ini, “Saya sangat senang karena mahasiswa KKN-T UNESA menggalakkan kegiatan ini kembali, dan semoga kegiatan ini dapat berjalan secara continue tidak hanya pada saat ini saja.” ujar Fandry, sebagai koordinator guru Kelas 6. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.